About Me

My photo
It's your right to say whatever about me, but I know myself better.

Monday, December 17, 2012

Pengiriman Data Multimedia melalui Aplikasi Berbasis Web

                Apabila kita berbicara tentang manipulasi multimedia pada aplikasi web. Kita pastinya akan langsung berpikir tentang 4 media penyampaiannya. Keempat media tersebut antara lain:
·         Text
               Pada dasarnya aplikasi web kebanyakan menggunakan text dalam melakukan implementasinya karena mereka menggunakan code sebagai bahan dasar pembuatannya. Akan tetapi pada kasus ini kita akan mengambil salah satu contoh yakni proses email-ing yang meliputi proses pengiriman antara sender dan receiver, selain itu kita juga akan berbicara tentang jenis-jenis e-mail yang ada pada saat ini.

·         Grafis / Citra
               Grafis merupakan salah satu media penyimpanan yang paling banyak digunakan saat ini. Kami mengambil salah satu sebagai contoh aplikasi web yang banyak berkaitan langsung dengan citra, yakni Google Maps.

·         Audio
               Streaming suara seperti streaming radio dengan menggunakan aplikasi web merupakan salah satu manipulasi yang menggunakan media audio sebagai media penyimpanan. Pada sesi ini kami akan banyak menjelaskan tentang proses bagaimana menjadikan audio sebagai media penyimpanan khususnya pada aplikasi web radio seperti SHOUTcast dan juga bagaimana protocolnya bekerja.

·         Video
               Pada sesi ini kami akan lebih banyak menjelaskan tentang Video On Demand dan bagaimana proses jalannya metode tersebut sehingga dapat sampai kepada para penerima pesan.


E-Mail
               E-mail merupakan salah satu media penyampaian yang menggunakan text sebagai multimedianya. Terdapat 3 jenis e-mail yang ada hingga saat ini, Ketiga jenis tersebut antara lain:
1.       Web Based Email
Merupakan suatu servis email yang biasa kita gunakan sehari-hari. Contoh-contoh web based email antara lain adalah Hotmail, Yahoo, Gmail, dan AOL. Dalam web based email, user dapat mengakses emailnya melalui web browser. Pada proses pengaksesannya kita dapat melakukan proses pengiriman dan penerimaan pesan.
2.       POP3 Email
Merupakan suatu kepanjangan dari Post Office Protocol 3. POP3 merupakan suatu metode yang diimplementasikan pada sisi server. Protocol jaringan yang digunakan pada POP3 adalah TCP/IP, server akan terus menerus mengirim sinyal kepada user yang berisi jumlah pesan yang ada dalam inbox. Pada saat user ingin mengaksesnya maka data dapat didownload, setelah itu data yang tersimpan dalam server akan dihapus.

3.       IMAP email server
Merupakan kepanjangan dari Internet Message Protocol. Dalam sistem ini, user dapat mengakses langsung ke user untuk dipilih. Kemudian user dapat memilih pesan mana yang ingin dibaca.
Google Map
              Merupakan suatu web aplikasi yang membantu kita untuk mengetahui letak geografis dunia dengan menggunakan grafis sebagai data multimedianya. Pada saat pengaksesan menggunakan web browser protokol yang digunakan adalah HTTPS dan pada saat transmisi gambarnya pengirimannya menggunakan protokol SMTP. HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan suatu protokol yang berbasis http akan tetapi digabungkan dengan SSL/TLS. SSL / TLS merupakan suatu sistem autentikasi pada web. Sistem ini diimplementasikan untuk menghindari man-in-the-middle-attacks. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Merupakan suatu protokol standard email yang menggunakan IP sebagai transmisi. Berikut ini merupakan gambar yang dapat merepresentasikan cara kerja pada Google Map:

 
Cara Kerja:
1. Penciteraan Resolusi Tinggi
Satelit mengambil gambar snap shot, posisi gambar di bantu dengan GPS
satelit membuat 15 orbit perhari, sebagian tidak dalam resolusi tinggi.
2. Satelit menyimpan gambar ke Digital Globe server di Norwegia / Alaska.
 kemudian dibawa ke colorado untuk di proses, di mana perbedaan dalam sudut fotografi yang dikoreksi, dan gambar yang dipetakan ke model elevasi digital 3-D. Proses ini, disebut orthorektifikasi,
3. Aerial Fotografi
Beberapa daerah yang ingin mengupload, bisa mengupload sendiri
4. Data dari Digital Globe kemudian, di proses digabungkan dan diurutkan, sehingga ukuran yang diinginkan bisa langsung didapat dengan delay yg kecil.
5. Ditampilkan ke user. Menggunkan HTTP standart, yang mana data didimpan pada cache browser.
SHOUTcast
              Merupakan suatu sistem multiplatform transmisi audio melalui internet. Encoding yang digunakan pada SHOUTcast adalah MP3 dan AAC, hal ini ditujukan karena kedua format tersebut merupakan beberapa contoh format lossy audio. Lossy audio akan lebih cepat dilewatkan ke dalam proses piping multimedianya. Kita dapat menggunakan berbagai jenis operating sistem seperti Windows, FreeBSD, GNU / Linux, dan atau MAC OS.
              Sistem ini dapat di embed ke dalam audio player yang sudah ada. Kebanyakan dari player yang sudah biasa kita pakai setiap harinya dapat terintegrasi dengan SHOUTcast. Saat ini, FM dan AM radio, TV serta beberapa perusahaan yang membuat program streaming, menggunakan teknologi digital untuk interaksi dengan pendengar dan klien.
              SHOUTcast juga digunakan oleh para penyedia jasa pembuatan audio streaming dengan menggunakan teknologi multicast IP untuk transmisi data dari satu titik ke beberapa titik lain. (satu untuk N).
              SHOUTcast 2 memiliki suatu streaming protocol yang dinamakan Ultravox 2.1. Protocol ini memiliki suatu mekanisme enkapsulasi yang membungkus data encoding dengan cara mendefinisikan struktur enkapsulasi serta serangkaian handshake yang diperlukan untuk menyiapkan sesi streaming. Berikut merupakan arsitektur yang diimplementasikan SHOUTcast pada saat ini:


Video
·         Streaming
               Merupakan  suatu metode yang mengambil data stream dengan mekanisme real-time. Disini maksudnya adalah data yang diminta akan dilepaskan pada saat itu juga, sehingga ketika kita tidak ingin melakukan streaming maka data tidak akan disimpan dan diproses.

·         Progressive Download
               Merupakan suatu sistem dimana file seolah-olah di download tetapi sebenarnya disimpan dalam cache. Kita dapat melihat frame tertentu meski belum selesai mendownload semua file akan tetapi kita harus melakukan proses buffer terlebih dahulu. Mekanisme ini telah diimplementasikan dalam beberapa streaming video online, salah satu yang paling terkenal adalah YouTube.

·         HTTP PseudoStreaming
               Suatu mekanisme dimana penggabungan seluruh keunggulan download http. HTTP PseudoStreaming mampu melewati firewall apapun, dan user yang terjebak pada koneksi yang buruk dapat melakukan skip download.

Video On Demand
               Merupakan suatu sistem televisi interaktif yang memfasilitasi seseorang untuk mengkontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton. Fungsi VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, acara realitas, video streaming, dan program lainnya.

No comments:

Post a Comment